Wednesday 14 November 2012

My Daddy ODHA

Novel
Penulis: Dy Lunaly
Penyunting: Hutami Suryaningtyas
Penerbit: Bentang Belia
Halaman: 144 halaman

"Aku heran deh sama tingkat kecerdasan teman-teman -kalau bisa dibilang teman sih- sekolahku. Mereka hobi banget membullyku.Ya, ayahku seorang ODHA (Orang dengan HIV AIDS). Itulah alasan kenapan aku selalu diperlakukan berbeda. Sejak SMP, aku mengalaminya. Dan, rupanya ini berlanjut hingga aku SMA. semua mengasingkanku, kecuali Rani, Sahabatku"



Menceritakan tentang seorang seorang gadis blasteran Rusia -Indonesia yang mengalami banyak kejadian tidak menyenangkan setelah diketahui papa-nya seorang pengidap HIV AIDS. Berbagai macam diskriminasi dia terima. Mulai dikucilkan teman-teman bahkan sampe ga dibolehin makan di kantin karena dianggap dapat menularkan virus berbahaya tersebut.

Konflik muncul ketika seorang kakak kelas yang benci  luar biasa pada Tasia memasang pengumunan  di mading sekolah tentang papa-nya. Mulai saat itu Tasia di-marginal-kan. Bahkan sahabat-nya sendiri, Rani, yang akhirnya jadian sama mantan pacar Tasia, juga meninggalkan Tasia. Perang batin pun dimulai. Tasia mulai berpikir irrasional. Kenapa papa-nya harus kena AIDS? Kenapa papa-nya melakukan itu? Berbagai macam reaksi penolakan muncul dalam dirinya. Kenapa harus aku? Namun, Tuhan memang Maha Baik. Di tengah gempuran cobaan yang ada, datang seorang yang siap menemani Tasia.

Sebuah novel yang ringan..
Ada beberapa istilah Rusia yang digunakan dalam novel ini membuat novel ini sedikit berbeda dengan novel-novel remaja lain yang biasa menggunakan istilah Inggris, Jepang, dan Perancis.
Alur cerita mengalir, sedikit mudah ditebak, diksi yang bagus, tapi deskripsi kurang detail...
Cukup menyenangkan dibaca untuk mengisi waktu luang... :))
------
Lama ga beli buku ringan begini, entah kenapa akhirnya terpikat pada buku satu ini pas lagi "nongkrong" di toko buku seperti biasa.
Mungkin karena judulnya yang nggak se-unyu novel-novel remaja pada umumnya, atau mungkin juga karena ketika itu saya sedang memiliki ketertarikan pada bahasan HIV/AIDS yang sedang dalam progress penulisan saya.
Walaupun akhirnya agak kecewa karena isi ceritanya tetap "unyu" seperti novel remaja biasanya, namun cukup menghibur saya selama 3 jam, menjelang ujian tengah semester tujuh...
:))

2 comments:

  1. beneran bagus nih novelnya, aku dah beli dan bacanya gak rela kalo ceritanya selesai.. :)

    ReplyDelete
  2. iya, lumayan buat ngisi waktu luang :))

    ReplyDelete

'bout me...

My photo
Lamongan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
a future pharmacist... I'm learning more about many things!!