Monday 19 November 2012

Israel dan Al-Quran (1)

Bani Israel..
Dalam Al-Quran, Allah sudah menjelaskan tentang siapa mereka dan betapa sombongnya mereka..
Jangankan kita, Allah, Robb kita pun mengutuk-nya...
Banyak kutukan dan umpatan yang tertuju untuk mereka, tapi siapakah sebenarnya mereka?
Yuk mari, kita lihat satu demi satu ayat di kitab suci kita yang menerangkan tentang mereka.

#Bani Israel Menyembah Lembu
Penyembahan yang dilakukannya terhadap anak sapi merupakan tanda bagi kecenderungan mereka terhadap benda.

1. Al-Baqoroh : 51



51. Dan (ingatlah), ketika Kami berjanji kepada Musa (memberikan Taurat, sesudah) empat puluh malam, lalu kamu menjadikan anak lembu* (sembahan) sepeninggalnya dan kamu adalah orang-orang yang zalim. 
*anak lembu itu dibuat dari emas oleh mereka untuk disembah.

2. Al-Baqoroh : 54

54. Dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, sesungguhnya kamu telah menganiaya dirimu sendiri karena kamu telah menjadikan anak lembu (sembahanmu), maka bertaubatlah kepada Tuhan yang menjadikan kamu dan bunuhlah dirimu*. Hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Tuhan yang menjadikan kamu; maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."
*Membunuh dirimu ada yang mengartikan: orang-orang yang tidak menyembah anak lembu itu membunuh orang yang menyembahnya. Adapula yang mengartikan: orang yang menyembah patung anak lembu itu saling bunuh-membunuh, dan apa pula yang mengartikan: mereka disuruh membunuh diri mereka masing-masing untuk bertaubat.

3. Al-Baqoroh 92

92. Sesungguhnya Musa telah datang kepadamu membawa bukti-bukti kebenaran (mukjizat), kemudian kamu jadikan anak sapi (sebagai sembahan) sesudah (kepergian)nya*, dan sebenarnya kamu adalah orang-orang yang zalim.
*Maksudnya kepergian Musa a.s. ke bukit Thur yang terletak di Sinai, sesudah didatangkan kepadanya mukjizat-mukjizat.

4. Al-Baqoroh 93

93. Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkat bukit (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): "Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan dengarkanlah!" Mereka menjawab: "Kami mendengar tetapi tidak mentaati". Dan telah diresapkan ke dalam hati mereka itu (kecintaan menyembah) anak sapi karena kekafirannya. Katakanlah: "Amat jahat* perbuatan yang telah diperintahkan imanmu kepadamu jika betul kamu beriman (kepada Taurat). 
*Perbuatan jahat yang mereka kerjakan ialah menyembah anak sapi, membunuh nabi-nabi dan melanggar janji.

to be con'd....

No comments:

Post a Comment

'bout me...

My photo
Lamongan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
a future pharmacist... I'm learning more about many things!!