Saturday 16 January 2016

Finally 'isi'

"Karena anak adalah hak Allah"

Problematika pertanyaan yang sering muncul setelah menggenapkan separuh agama adalah "gimana? Udah isi?"
Pertanyaan ini muncul dari berbagai macam kalangan mulai keluarga, temen yang deket banget, temen deket, atau bahkan orang sebenernya cuma sekedar kenal dan tau bahwa kita baru saja menikah.
Beberapa memang bertanya dengan rasa tulus, namun beberapa kadang cuma terdengar seperti angin lalu yang cuma asal nyari topik pembicaraan aja.
Beruntunglah bagi pasangan-pasangan yang langsung dikarunia si mungil dalam rahim di bulan 1 atau 2 pernikahan mereka, yah setidaknya mereka tidak perlu pura-pura tersenyum lalu mengkerut sesudah nya.

Bulan pertama setelah menikah, aku sempet 'telat' sekitar 8 hari.
Sempet GR, wah hamil nih.
Akhirnya test pack beraksi, namun, garis 1 menunjukkan bahwa aku masih 'kosong'.
Ya udah lah, masih sebulan juga.

Bulan 2, 3 dan selanjutnya berlalu...
Siklus mens kacau balau setelah menikah..
Yang biasanya sebelumnya plus minus di 28 hari, setelah nikah bisa sampe 36 hari.
Lha? Kenapa ini?
Jadi bingung nentuin masa subur nya kan?
Akhirnya curhat sama temen yang barusan nikah juga dan ternyata dia pun mengalami hal yang sama.

"Iya nih fen, aku juga gitu. Siklus nya jadi ga jelas. Tapi aku abis tanya temenku yg barusan nikah, dia juga gitu, tapi alhamdulillah bulan ke 4 udah normal lagi kok, terus akhirnya dia hamil fen. Mudah-mudahan kita cepet 'isi' juga ya"

Bulan ke 4...
Siklus ku belum membaik..
Temenku yang siklus nya kacau udah normal, dan bulan berikut nya beneran dia hamil...
Alhamdulillah...
Sementara aku masih 'kosong'.

Sekitar bulan ke 5 mertua pulang umroh..
Dibawakan lah oleh-oleh kurma muda hijau dan bubuk kurma muda.
Konon katanya, si kurma muda ini bisa meningkatkan kesuburan.
Aku makan mentah-mentah si kurma muda hijau yang pahit dan sepet ini sodara.
Ah, mudah-mudahan ini jadi salah satu jalan ikhtiar kami.
Dan tak lama kemudian, aku mens...

Bulan berikutnya Ramadhan datang...
Berharap pintu-pintu langit terketuk oleh doa-doa kami..
Robbi habli miladunka dhuriyatan thoyibatan innaka samiud dua..

Ramadhan pun beranjak..

Akhirnya lebaran pertama ngerasain mudik.
Dan langsung ke ujung tanah borneo..

Di rumah ninik (nenek), suami sempet ngobrol sama acil (om) yang usia nya ga beda jauh sama kami.
A: istri kamu belum hamil ya?
S: iya nih cil, belum dikasi.
A: dulu istri acil juga baru hamil setelah 1 tahun nikah. Ternyata ada kista.
S: kista cil? Kok tau ada kista nya?
A: iya, jadi acil bini mens nya ga teratur, terus tiap mens mesti sakit. Yaudah, akhirnya acil bawa ke dokter, eh kata dokternya ada kista. Yaudah terus diterapi, alhamdulillah setelah kista nya hilang langsung hamil.

Suami cerita ke aku, dan langsung 'deg'.
Aku juga mengalami gejala itu dan langsung parno.
"Beb, pokoknya bulan depan kita ke dokter ya".

Bulan depan ternyata agenda padat.
Banyak mantenan.
Banyak acara.
Ke dokter nya pun tertunda, 'bulan depannya lagi'.
Dan sebelum bulan depannya lagi dateng, sahabat sebangku kembaranku tiba-tiba wa, "beb, kamu udah isi ta? Eh semalem aku mimpi kamu hamil tauk".
Nih anak tumben banget.
Eh, aku udah telat beberapa hari juga sih.
Dan di hari ke 5 ke 'telat' an ku..
Iseng-iseng pasrah.
Nyoba test pack hadiah dari buku panduan cepat hamil.
Garis dua samar-samar pun muncul.
Eh, ini satu apa dua?
3 test pack sekaligus aku coba hari itu.
Ya ampun, kok ya pas harus pake test pack ga bermerek hasil hadiah ini sih?

Subuh-subuh udah heboh, ayo ke rumah sakit hari ini..
Masih ga percaya sama hasil test pack.
Trus ga dibolehin mama soalnya masih telat 5 hari yang arti nya bakalan susah lihat nya di usg,
"Nanti dulu mbak, tunggu telat 2 minggu baru ke dokter. Percuma nanti belum kelihatan juga"
Ih harap-harap cemas.
Takut kalo tiba-tiba ga jadii...

2 minggu berlalu..
Kami pun pergi ke dokter..
Dan dokter bilang, "alhamdulillah, sudah kelihatan kantung kehamilan nya, 6 minggu. selamat ya"

Seneng?
Ya bangeet!
Kami mau punya bayi.
Finally 'isi'.

Someone is growing in my belly.

---

Di masa-masa penantian kami menunggu.
Berbagai macam cara kami tempuh.
Mulai nyatetin siklus.
Bikin 'jadwal'.
Makan ini itu.
Apa aja deh asal halal, terjangkau, dan masuk akal kami lakuin.

Sampai akhirnya, aku menemukan sebuah blog.
Kisah sepasang suami istri yang bertahun-tahun ikhtiar untuk mendapatkan buah hati.
Ada beberapa kalimat di blog itu yang ngena banget di sanubari.
"Karena anak adalah HAK ALLAH"
"Mungkin karena selama ini doa kamu tidak ikhlas dan terlalu egois"

Aku renungi dalam-dalam dua kalimat itu.

Lalu aku benar-benar menyadari lebih dalam lagi.
Ya, memang, Allah lah yang berhak menentukan, mampu kah kita diberi amanah besar ini?
Jadi sama seperti kita terus memperbaiki diri, memantaskan diri untuk mendapat jodoh terbaik, pun begitu dengan anak.
Kita pun perlu memantaskan diri untuk menanti kehadiran nya.

Dan di kalimat kedua,
Agak aneh.
Berdoa tidak ikhlas dan terlalu egois?
Kok bisa? Padahal kita berdoa untuk diri kita sendiri bukan orang lain kan?
Wait!
Untuk diri kita sendiri?
Akhirnya, aku memahami bahwa memang benar ternyata doa-doaku egois.
Aku menginginkan seorang anak hanya karena "saya ingin".
Tapi pernahkah aku berdoa untuk menjadi orang tua terbaik untuk nya? Pernahkah aku berdoa untuk dapat menjadikan nya generasi tangguh di masa depan?
Nampak nya aku benar-benar lupa meminta sesuatu untuk calon anakku kelak.
Akhirnya,
Doa-doaku selanjutnya berubah, bukan hanya meminta untukku, tapi juga untuk calon anakku.

Dan setelah itu, entah kenapa hati jadi lebih plong.
Lebih lega. Pasrah.
Dan ketika pertanyaan-pertanyaan itu datang, aku lebih legowo menjawab, bahwa memang belum dikasi sama yang punya hidup.

Akhirnya,
Allah nyata nya benar-benar menghadirkan calon anak sholeh di rahimku di saat yang tepat.
Menuju bulan ke -8 pernikahan kami.
Disaat kami mulai bisa menabung dengan nominal cukup konstan tiap bulan, saat menjelang kuliah semakin longgar menuju proposal tesis, dan ketika emosi dan ilmu kami tentang berumah tangga semakin banyak.

Untuk teman-teman yang masih sedang berusaha..
Terus ikhtiar dan berdoa ya..
Semoga Allah ridho...

---

'Si adek 17 minggu'

14 comments:

  1. Nice story ☺☺
    kepantasan itu sudah di tentukan waktunya

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ya fen.. Memang ya, anugerah indah ini hadir disaat kita udah berpasrah..
    Perjalanan masih panjang fen.. Semoga adek n mamanya selalu sehat..
    Btw, kyk pernah inget obrolan itu sama kamu deh.. Haha..
    Titip cium buat adek :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa fikaa...
      Pas udah pasrah banget, udah ga mikir macem-macem lagi, alhamdulillah langsung dikasii..
      Obrolan kita awal2 nikah dulu yaa hehe..
      Iyaa ontyy, titip cium juga buat kaka disana..
      Semoga lancar ya persalinan nya, sehat semuanya, aamiin..

      Delete
  3. :') selamat ya kaliaaan #ikutterharubacanya
    Sehat selalu dedeknyaaa...
    Jadi banyak bahan renungan dan ikhtiar.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii ginaa...
      Aamiin...
      Terus ikhtiar dan berdoa :*

      Delete
  4. Ikut brebes mili euy bacanya... Semoga lancar sampai persalinan ya Fenita, doakan aku & suami bisa segera diamanhi Allah SWT, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya robbal alamain..
      InsyaAllah mbak vivi...
      Semoga segera diberi, terus semangat mbak :))

      Delete
  5. Alhamdulillah.. usia debaynya gak jauh sm babyku.. beneran anak itu hak Allah, aku sempet keguguran juga tp Alhamdulillah diisi lagi.. semoga sehat sampe lahiran buat kita ya fenn :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaak ayuu..
      Alhamdulillahh...
      Semoga sehat terus lancar sampe lahiran..
      Aamiin...

      Delete
    2. Iya mbaak ayuu..
      Alhamdulillahh...
      Semoga sehat terus lancar sampe lahiran..
      Aamiin...

      Delete
  6. Alhamdulillah.. usia debaynya gak jauh sm babyku.. beneran anak itu hak Allah, aku sempet keguguran juga tp Alhamdulillah diisi lagi.. semoga sehat sampe lahiran buat kita ya fenn :))

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ^^ selamat menikmati masa kehamilan

    ReplyDelete

'bout me...

My photo
Lamongan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
a future pharmacist... I'm learning more about many things!!